Kamis, 7 November 2024. Dalam rangka meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas IV pada pemahaman konsep pembagian bilangan cacah dua angka dengan satu angka di SDN 1 Sindangkasih khususnya di kelas IV B dibawah bimbingan guru Ibu Kiki Indriyani, S.Pd memanfaatkan aplikasi Kahoot pada asesmen pembelajaran.
Hal ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk peningkatan digitalisasi sekolah dimana pada kegiatannya menggunakan chromebook yang dimiliki sekolah dan sebagian menggunakan Gadget peserta didik.
Pembelajaran berbasis TIK merupakan upaya pengelolaan pembelajaran dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung proses pembelajaran berbasis online, yang memadukan antara suatu proses pembelajaran dengan penggunaan media pembelajaran. Media tersebut bersifat teknologi, baik itu berupa internet, handphone, penggunaan video, LCD (infokus) dan lain-lain. Suatu proses pembelajaran berbasis TIK sangat memungkinkan siswa untuk bisa bereksplorasi, berkreatifitas, menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, dan tentunya menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.Â
Ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran juga didukung oleh beberapa aplikasi berbasis internet seperti Kahoot, Google Form, dan Quizziz. Tidak dapat dipungkiri aplikasi dan sumber belajar yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) maupun berbasis internet terbukti mampu memperkaya proses pembelajaran dalam hal peningkatan kreaktivitas, minat dan motivasi siswa (C. S. Lin & Wu, 2016; M. H. Lin, Chen, & Liu, 2017; Y. W. Lin, Tseng, & Chiang, 2017).
Pada kesempatan ini aplikasi yang digunakan untuk mengevaluasi pembelajaran atau asesemen pembelajaran adalah aplikasi Kahoot. Pentingnya asesmen pembelajaran diantaranya sebagai bahan untuk menentukan kemampuan dan kesulitan pada saat itu dan mengidentifikasi apa yang benar-benar diperlukan untuk pembelajaran. Berdasarkan hasil asesmen, guru dapat merancang program pembelajaran yang sesuai dengan realitas siswa. Kegiatan pembelajaran harus mempertimbangkan tiga proses: perencanaan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi. Rencana pembelajaran merupakan langkah awal agar penyampaian pembelajaran lebih efektif dan lancar, sehingga kegiatan pembelajaran diikuti dengan asesmen keberhasilan pembelajaran.
Terbukti dengan pemanfaatan aplikasi Kahoot ini dapat membuat pembelajaran lebih menarik dan membuat peserta didik lebih antusias dalam mengerjakan soal-soal evaluasi yang diberikan.
Best Practice selengkapnya dapat dilihat dan diunduh disini